lay Journal of Hylwana Adeeva
Monday, January 22, 2007
List barang kebutuhan baby& new Mom
Perawatan Bayi

Diapers
Bak mandi
Karet bak mandi
termometer mandi
handuk
washlap
sabun
shampoo
bedak tabur
bedak cair
cologne
hair lotion
baby lotion
baby vream
baby oil
alkohol
minyak telon
minyak kayu putih
kapas bulat/gulung
cotton buds
Obat luka
Kain kasa steril / alkafil
box tempat perawatan tali pusar
peniti bayi
sisir
tempat bedak
tempat sabun
tissue basah (baby wipes)
baskom kecil
ember pakaian kotor


Pakaian

gurita tali/rekat
bedong
baju tangan buntung
baju tangan pendek
baju tangan panjang
baju hangat
singlet
celana pendek
celana panjang / tutup kaki
sarung tangan & kaki
topi
tatakan iler (slaber)
sleeping bag
sapu tangan handuk
sepatu
kaos kaki
selimut
kain alas ompol
perlak


Perlengkapan bayi

Ranjang bayi
matras ranjang
bantal guling set
bantal peang
seprai set
kelambu
bumper ranjang
laci baju
kasur main
baby monitor
music
stroller
baby walker
water & baby toy
baby bag


Perlengkapan makan & Kesehatan

Termos air utk travel
gunting kuku
sedotan ingus
termometer
empeng
baby teether
bottle sterilizer
botol susu & dot
sabun pencuci khusus botol
capitan botol
sikat botol
rak botol
bottle warmer
gendongan bayi
bantal menyusui
Tas botol susu hot&cold
Medicine dispencer


Perlengkapan Ibu

gurita ibu
breast pad
breast pump
bh menyusui
penahan perut
nipple cream
jamu set
pembalut ibu
baju bukaan depan
pelindung putting
 
posted by yardian at 12:00 PM | Permalink | 4 comments
Home Made Solid Foods For Working Moms

Puree buah dan sayur

1.Cuci bersih semua buah dan sayur di air mengalir
2. Potong-potong
3. Rendam dalam air garam (untuk mematikan ulat yang biasanya ada di sayur atau buah)
4.Bilas di air mengalir
5. Kukus hingga lembut dan matang (untuk buah biasanya tidak perlu dikukus).
6. Haluskan menggunakan blender atau food processor. Tambahkan air matang sedikit saja. (Buat puree kental, agar saat dicampur dengan asi/formula/kaldu, tidak menjadi terlalu encer)
6. Ada buah atau sayur tertentu yang sebaiknya dipanggang. Contohnya : Sweet potatoes. Cuci bersih sweet potatoes (sikat dengan menggunakan tapes cuci). Kulitnya jangan dikupas. 7.Panggang dalam oven 200 derajat celcius selama 45-60 menit hingga matang. Angkat, kupas kulitnya, haluskan dalam blender dengan diberi sedikit air.

Membekukan puree :
1.Cetak puree yang baru dibuat di cetakan es batu, tutup dengan plastik. (atau cetak di cetakan es batu yang bertutup).
2.Jika sudah beku, lepaskan dan simpan di wadah yang tertutup rapat.
3.Beri label nama sayur dan buah, serta Expiration date terhitung 1 bulan dari tanggal pembuatan.

Mencairkan puree :
1.Ambil puree beku sebanyak yang diperlukan
2.Letakkan dalam mangkok
3.Rendam dalam air panas (bukan air mendidih) hingga cair
4.Lalu bisa dicampur dengan bubur beras, asi/formula atau kaldu, hingga mendapatkan kekentalan yang diinginkan.

Kaldu

Kaldu daging

Jenis 1 : Tanpa ampas
Di sini dipakai daging cincang yang kemudian disaring dan peras, kemudian dibuang ampasnya. Pilih daging sapi cincang tanpa lemak untuk hasil kaldu yang baik.

1.Daging cincang diblender dengan air. Untuk 250 gram daging cincang, beri air kira-kira 2 gelas minum (500gram)
2. Saring dan peras dagingnya. Buang ampasnya. (atau pakai untuk makan keluarga)
3.Air hasil perasan digodok hingga mendidih. Hasil jadinya akan terlihat ada seperti gumpalan kapas abu-abu yang lembut. Ini baik untuk pencernaan bayi, karena tidak ada ampas daging.
4. Air kaldu daging ini dapat dibekukan di dalam cetakan es batu

Jenis 2 : Kaldu Full Daging

1.Daging cincang diblender dengan air. Untuk 250 gram daging cincang, beri air kira-kira 2 gelas minum (500gram)
2.Didihkan dan siap digunakan atau dibekukan.


Kaldu ayam

Kaldu ayam yang baik tidak dibuat dari daging ayam saja, tapi juga dari air rebusan tulangnya. Pakai ayam kampung yang segar dan bermutu baik.

Air kaldu ayam :
1. 1 ayam kampung utuh, bersihkan dan lumuri dengan perasan jeruk nipis. Biarkan setengah jam, lalu bilas hingga bersih
2. Beri air hingga terendam, kira-kira 1 lt.
3. Masak hingga ayam empuk dan menghasilkan kaldu
4. Air kaldu ayam ini dapat dibekukan di dalam cetakan es batu


Jenis Makanan :

Puree sayur
Brokoli
Wortel
Squash (labu)
Bayam
Peas (kacang polong)
Sweet potatoes (ubi cilembu / ubi manis)
Kentang
Kacang hijau (cari yang kulitnya masih ada).
Jagung manis
Tomat


Puree buah
Alpukat
Pear
Apel
Pisang*
Jeruk baby
Strawberry*
Pepaya hawai
Kiwi*
Mangga*
Melon
Jambu merah


Bubur beras
Beras putih
Beras merah
Brown rice (beras pecah kulit)


Biskuit
Empro (strawberry & ayam)
SGM
Nestle
Milna
Promina


Daging :
Ayam
Sapi
Ikan*


Protein :
Keju
Kuning telur*
Tahu / tofu plain (bukan egg tofu / tofu rasa udang)


Pelengkap :
Glukose
Chocolate mousse
Yoghurt baby / mayonnaise baby


Variasi :
Oatmeal / havermut
Barley
Maizena
Pasta : macroni, spaghetti, fettucini, penne, dsb


(*) Hati-hati reaksi alergi atau pencernaan bayi belum kuat. Hal ini bervariasi untuk setiap bayi.

Tepung beras

Beras merah
Beras putih
Brown rice (beras pecah kulit)


Cara membuat tepung beras :

Cuci bersih beras, kemudian tirikan. Jika beras organic, cuci bilas hingga 2-3 kali saja. Jangan terlalu sering, karena akan menghilangkan vitamin B
Sangrai di atas kuali / wajan biasa hingga kering dan setengah matang
Blender kering (tanpa menggunakan air)
Ayak / saring, hingga mendapatkan tepung. Sisa blenderan yang masih besar2 harus diblender dan disaring kembali.
Simpan di wadah tertutup dan kedap udara.


Cara memasak bubur dari tepung :
Didihkan air
Masukkan tepung beras sesuai kekentalan yang diinginkan
Didihkan sambil diaduk terus hingga beras matang sempurna.

Panduan untuk bayi 6-8 bulan :

Jam makan :

06.00 : ASI / Formula
09.00 : Sarapan bubur
12.00 : Buah
15.00 : Biskuit
18.00 : Makan malam bubur

- Ini adalah ilustrasi, realisasinya tergantung kebutuhan dan kesiapan bayi dalam menerima solid foods.

- Jadwal makan juga fleksibel, seperti halnya kuantitas makanan. Bervariasi tergantung kesiapan bayi.

Menu untuk bayi 8 bulan ke atas masih dalam persiapan Moms. Tapi pada prinsipnya sama aja, hanya dibuat lebih chunky (tidak sehalus sebelumnya).



Menu sehari-hari :

Contoh menu :
a. Beras merah kaldu sapi + Tofu + Wortel + Keju + ASI / formula
b. Beras kaldu ayam+ Tomat+ Kuning telur rebus + ASI / formula
c. Biskuit + Buah + ASI/Formula

Be creative in mix and match your kids menu.

Jangan lupa moms, cicipin sebelum masuk ke mulut bayi ya. (biar tau, buburnya enak ato gak).

Catatan : Memasukkan ASI pada buah, bubur, atau biscuit, harus dilakukan sesaat sebelum bubur siap dimakan bayi.

 
posted by yardian at 10:51 AM | Permalink | 25 comments
Solid Foods Need to Know
Seputar sayur dan buah

Bila ada dana, boleh menggunakan sayur dan buah organic, karena bebas pupuk dan insektisida yang membahayakan
Namun tidak ada salahnya menggunakan sayur dan buah biasa. Selalu cuci bersih, kupas kulitya, dan rendam di air garam selama lebih kurang 15-20 menit untuk membuang kutu dan ulat. Jangan lupa dibilas.
Saat memasak, jangan terlalu lama. Karena sayur yang terlalu matang akan kehilangan vitaminnya.
Ada beberapa jenis buah yang bisa dimasak dan bisa juga tidak dimasak. Hal ini bergantung lagi pada kekuatan perut bayi. (Misal : Pear dan apel).

Seputar pemberian makan ke bayi :

1. Perkenalkan sayur, bubur, buah dan biscuit dalam jumlah sedikit dulu dan lihat reaksinya. Apakah ada ketidak cocokan atau reaksi alergi (pembahasan soal reaksi alergi insyaallah menyusul ya)
2. Jangan paksakan makanan ke bayi. Buat suasana makan menyenangkan. Mungkin memang harus sambil main dan sebagainya. Tapi jangan membuat anak trauma dengan sesi makan.
3. Cari sebanyak mungkin sumber makanan yang mengandung gizi lengkap, jangan hanya sekedar membuat anak kenyang.
4. Sebisa mungkin, jangan memberi bayi bubur instant. Lebih baik, bergizi dan hemat membuat sendiri. Kesibukan bias diatasi dengan membekukan makanan.
5. Jangan memberikan perasa berupa garam (ingat : ginjal dan prgan pencernaan bayi belum kuat untuk mencerna garam), msg, kecap, dan sebagainya.
6. Boleh menggunakan mentega dan keju untuk bayi di atas 7 atau 8 bulan (tergantung reaksi / kekuatan perut bayi). Namun sebisa mungkin cari yang unsalted.

Peralatan yang diperlukan

A. Untuk mempersiapkan Solid Foods
1. Blender (pisahkan pot blender khusus dari blender keluarga). Bisa menggunakan mesin blender yang sama, tapi gunakan pot yang berbeda. Boleh juga gunakan baby Food processor. Tapi ingat hasil dari food processor masih chunky dan tidak halus. Tidak cocok untuk baby yang pertama kali makan
2. Saringan kawat untuk menyaring puree bubur, buah dan sayur hasil pemrosesan di blender
3. Panci stainless atau panci kaca atau slow cooker untuk membuat bubur.
4. Sisanya seperti pisau, sendok, sendok panic dsbnya dapat menggunakan yang sudah ada saja. Tidak perlu dipisah. Yang penting cuci bersih sebelum dipakai.

B. Memberi makan bayi.
1. Botol sendok, atau piring, mangkok dan sendok. Perhatikan saat membeli agar teliti melihat sendok, agar tidak ada yang tajam pinggirannya.
2. Celemek
3. Washlap
4. Training cup
 
posted by yardian at 10:37 AM | Permalink | 0 comments
Thursday, January 11, 2007
Baby Book vs Mommy's










 
posted by yardian at 11:55 AM | Permalink | 1 comments
Wednesday, January 10, 2007
Children learn what they live
Misi hari ini : Print ini gede-gede dengan tulisan yang bagus, trus pajang di kamar.

If a child lives with criticism, he learns to condemn
If a child lives with hostility, he learns to fight
If a child lives with ridicule, he learns to be shy
If a child lives with shame, he learns to feel guilty
If a child lives lives with tolerance, he learns to be patient
If a child lives with encouragement, he learns to be confident
If a child lives with fairness, he learns justice
If a child lives with security, he learns to have faith
If a child lives with aprroval, he learns to like himself
If a child lives with acceptance and friendship, he learns to find love in the world.

by Dorothy Law Nolte


Jika anak selalu dikritik, ia belajar mencela
Jika anak hidup dalam kekerasan, ia belajar berkelahi
Jika anak hidup dalam ejekan, ia belajar menjadi pemalu
Jika anak diajari tentang rasa malu, ia belajar merasa bersalah
Jika anak diajari toleransi, ia belajar untuk bersabar
Jka anak diberi semangat, ia belajar untuk percaya diri
Jika anak diperlakukan adil, ia belajar tentang keadilan
Jika anak hidup dalam rasa aman, ia belajar untuk percaya
Jika anak diberi pengakuan, ia belajar mencintai diri sendiri
Jika anak hidup dalam kenyamanan dan persahabatan, ia belajar untuk menemukan cinta di dunia

terjemahan bebas by Mommy Dian
 
posted by yardian at 4:21 PM | Permalink | 0 comments
Monday, January 08, 2007
Jatuh!
Hylwa jatuh!!
Sabtu 30 Des 2006, pagi-pagi mommy mo ambil makanan nya. Ditinggal sendirian di ranjang, udah diganjal guling dan bantal super besar.
Ga ada 3 menit dari mommy kluar kamar, tau-tau denger suara nangis kejer..
OMIGOD!
Udah telentang di bawah sambil meluk guling yang buat ganjalan.
Ampun dehh...mommy lgs peluk, angkat, trus Hylwa digendong Abi. Dicek semuanya, sptnya gpp. Mommy insist ke dokter (ampun deh..tahun baru gini pula kan), tapi abi bilang liat dulu reaksinya nanti malam.
mommy telp nyai, abi telp eyang. Huaaaa..eyang dan aki (yg lagi ada di Jakarta - alhamdulillah), langsung datang. Aki langsung mijat dan periksa semuanya. Terutama kepala bagian belakang. Sukurnya gak papa. (dan semoga ga apa-apa jg ke depannya nanti, - even mommy sampe skrg ttp mo rencana bawa ke dokter buat ct scan).
Sorenya ke nyai, dikasi obat gosok cina gitu. diperiksa ulang, ga apa-apa juga.
Ditunggu harap-harap cemas malamnya, mommy ampe nyaris ga bs tidur, cek suhu badan, sama sekali ga demam. Muntah juga nggak.

Sehabis jatuh, diperiksa abi, nangisnya reda, dikasi nenen langsung nenggak banyak, trus
berangkangan lagi deh. Pas Hylwa tidur siang, mommy bisikin "maafin mommy ya nak...ga lagi kayak gitu...ga jatuh lagi kayak tadi yaa,..maafin mommy yaa..maafff.."

Hylwa rada sensitif jg nih..sebelum mommy minta maaf, mukanya jutekk banget klo liat mommy. Tp pas udah minta maaf, langsung ceria dan ketawa-ketawa lagi sama mommy.

Hari itu mommy langsung berasa pusing-pusing ga jelas. Lanjut pula besoknya.
Besoknya kita lebaran haji ke rumah kakek nenek di cibubur dan depok seharian, trus mampir ke King Foto roxy buat pilih foto. Masih juga dengan pusing-pusing yang makin ga jelas.
Malam tahun baru, jam 2 pagi, nenen nya bengkak, mommy meres asi, dan suddenly langsung kedinginan. Jam 3 pagi, menggigil, minta peluk abi sampe akhirnya ketiduran.

Hmh. 1 Januari 2007. Jam 7 pagi. Demam.

Semoga ini sakit yang Hylwa rasa dipindah ke mommy ya. Karena habis Hylwa jatuh, mommy cuma berdoa, Ya Allah, pindahkanlah semua sakit anakku ke aku aja.
 
posted by yardian at 10:07 AM | Permalink | 0 comments

Powered by Blogger